Arti Lambang, Simbol, dan Bendera Hizbul Wathan

MATERI PANDU HIZBUL WATHAN

SMP MUHAMMADIYAH HARJOWINANGUN

I. ARTI LAMBANG, SIMBOL, DAN BENDERA PANDU HIZBUL WATHAN

A. LAMBANG
Lambang Hizbul Wathan

Lambang Hizbul Wathan adalah lingkaran dengan gambar Matahari yang memiliki sinar utama berjumlah 12, dengan monogram HW di bagian tengahnya. Sinar Matahari berjumlah 12 tersebut bermakna bahwa, setiap anggota pandu HW diharapkan mampu memancarkan sinar pribadi Muslim sehari penuh, kepada masyarakat, Bangsa, dan Negara. 

B. SIMBOL
Simbol Hizbul Wathan

Simbol Hizbul Wathan adalah sebagai jati diri anggota Pandu HW yaitu berupa lingkaran dengan gambar sekuntum bunga melati di dalamnya, serta sebuah pita bertuliskan "Fasthabiqul Khairat" dalam huruf arab yang artinya berlomba-lomba dalam kebaikan.

Kuncup bunga melati dengan daun mahkota berwarna putih berarti suci, berjumlah lima helai bermakna rukun Islam. Daun kelopak berjumlah enam bermakna rukun Iman dan dua lembar daun bermakna dua kalimat syahadat, ditopang oleh selembar pita berbentuk mulut tersenyum bermakna pandu ini selalu bahagia.


C. BENDERA

Bendera Pandu HW

Bendera resmi Pandu Hizbul Wathan berbentuk empat persegi panjang dengan perbandingan lebar dan panjangnya dua berbanding tiga. Di dalamnya berisi enam garis hijau yang bermakna rukun iman dan lima garis kuning yang bermakna rukun Islam. Di sudut sebelah kiri atas terdapat lambang HW berwarna putih di atas dasar persegi panjang hijau, dengan ukuran lebar dan panjangnya masing-masing sepertiga lebar dan sepertiga panjang bendera..



II. TUJUAN, AZAS, VISI DAN MISI PANDU HW


Tujuan, Azas, Visi dan Misi Kepanduan Hizbul Wathan berlandaskan pada Anggaran Dasar Kepanduan Hizbul Wathan sebagai bahan acuan penyelenggaraan kegiatan kepanduan ini. Dalam Anggaran Dasar yang telah disahkan pada Muktamar ke-2 Hizbul Wathan di Jakarta pada tanggal 14 - 15 Januari 2011, serta telah disahkan oleh PP Muhammadiyah melalui Surat Keputusannya No. 49/KEP/I.0/B/2011.

A. TUJUAN

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Memiliki tujuan sebagai berikut:
  1. Menegakkan  dan  menjunjung  tinggi  Agama  Islam,  sehingga  terwujud  masyarakat  Kepanduan yang Islami.
  2. Pro aktif membantu orang tua dalam mendidik, mengasuh dan membimbing anak -anak, remaja dan  pemuda  melalui  pendidikan  dan  latihan  kepanduan,  supaya  menjadi  orang  Islam  yang berarti, bertaqwa kepada Allah, berbudi pekerti yang luhur, berbadan sehat dan tangkas, hingga berguna bagi diri sendiri, Persyarikatan dan masyarakat umum

B. AZAS


Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan adalah gerakan kepanduan yang berazaskan Islam

C. VISI DAN MISI

VISI
  1. Memiliki aqidah, mental dan fisik yang kuat.
  2. berilmu dan berteknologi serta berakhlaq karimah agar terwujud pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader Persyarikatan, Umat dan Bangsa.
MISI
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepanduan bagi anak, remaja dan pemuda muslim.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kepanduan untuk para Pemimpin Satuan, Pimpinan Kwartir dan Pelatih.
  3. Mengembangkan HW di seluruh Indonesia
  4. Mengadakan kerrjasama kelembagaan di dalam dan di luar negeri
  5. Memupuk dan mengembangkan rasa cinta dan setia kepada Persyarikatan, Tanah Air, dan Bangsa.
  6. Melakukan berbagai usaha sesuai dengan maksud dan tujuan Hizbul Wathan.



SALAM HW...!!!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Lirik Lagu Mars Wathoni

PERATURAN BARIS BEBARIS (PBB)