MODUL AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KELAS IV SD KURIKULUM MERDEKA
MODUL
AJAR KURIKULUM MERDEKA |
Sekolah Dasar Nama penyusun : ERY ARDI PRASETYO, S.Pd., Gr. Nama Sekolah : SD NEGERI TEGAL
BESAR Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia Fase B, Kelas /
Semester : IV (Empat) / I (Ganjil ) |
PEMETAAN
BELAJAR BERDASARKAN KESIAPAN BELAJAR DAN PROFIL BELAJAR SISWA
Tujuan Pembelajaran:
1. Melalui kegiatan mengamati video pembelajaran
dan gambar poster yang memuat kalimat persuasive, siswa mampu memahami dan
menjelaskan kalimat persuasive.
2. Melalui
kegiatan kreativitas membuat poster, peserta didik mampu menulis kalimat persuasive dengan benar.
PROFIL BELAJAR |
VISUAL |
AUDITORI |
KINESTETIK |
Nama Siswa |
Rima, Tasya, Rohman, Aprilia, Wiyasa, Andika, Wahid, Farid, Lestari,
Aris |
Aqila, Utami, Icha, Maura, Pt Devina. Ferliana |
Bagas, Hadi, Sandra, Noven |
Diferensiasi Konten |
Peserta didik bisa mengkomunikasikan tentang ciri-ciri
kalimat persuasive yang mereka lihat. |
Peserta didik bisa mengkomunikasikan tentang ciri-ciri
kalimat persuasive yang mereka dengar. |
Peserta didik bisa mengkomunikasikan tentang ciri-ciri
kalimat persuasive yang mereka ketahui. |
Diferensiasi Proses |
Peserta didik dalam
kelompok berdiskusi untuk menentukan tema dalam pembuatan poster kalimat
persuasive yang sesuai dengan minat dan kreativitas kelompoknya
masing-masing. |
Peserta didik dalam
kelompok berdiskusi untuk menentukan tema dalam pembuatan poster kalimat
persuasive yang sesuai dengan minat dan kreativitas kelompoknya
masing-masing. |
Peserta didik dalam
kelompok berdiskusi untuk menentukan tema dalam pembuatan poster kalimat
persuasive yang sesuai dengan minat dan kreativitas kelompoknya
masing-masing. |
Diferensiasi Produk |
Membuat Poster yang memuat kalimat persuasive dan mempresentasikan
di depan kelas, kelompok lain menyimak serta memberikan tanggapan. |
Membuat Poster yang memuat kalimat persuasive dan mempresentasikan
di depan kelas, kelompok lain menyimak serta memberikan tanggapan. |
Membuat Poster yang memuat kalimat persuasive dan mempresentasikan
di depan kelas, kelompok lain menyimak serta memberikan tanggapan. |
MODUL
AJAR KURIKULUM MERDEKA
IPAS
SD KELAS 4
INFORMASI
UMUM |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A.
IDENTITAS
MODUL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Penyusun Instansi Tahun Penyusunan Jenjang Sekolah Mata Pelajaran Fase / Kelas Bab / Tema Materi Pembelajaran Alokasi Waktu |
: : : : : : : : : |
Ery Ardi Prasetyo, S.Pd. SD Negeri Tegal Besar Tahun 2023 SD Bahasa Indonesia B / 4 4 Meliuk
dan Menerjang / Bergerak Kalimat Persuasif 2 X 35 Menit (1 Pertemuan) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B. KOMPETENSI
AWAL |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v Melalui kegiatan kreativitas membuat poster, peserta didik mampu menulis kalimat persuasive dengan benar. v
Peserta didik dapat berpartisipasi
aktif dalam diskusi; |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C. PROFIL PELAJAR PANCASILA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v Beriman ,bertakwa kepada Tuhan YME Dan berahlak mulia, , Mandiri |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. SARANA DAN PRASARANA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v
Buku Siswa : Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Bahasa Indonesia:
Lihat Sekitar, SD Kelas IV, Penulis: Eva Y. Nukman, Cicilia Erni Setyowati |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
E. TARGET PESERTA DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada
kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. v Peserta didik dengan pencapaian tinggi:
mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras
tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. JUMLAH PESERTA DIDIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v 20 Siswa (9 Laki-laki dan 11 Perempuan) |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
G. MODEL PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v Pembelajaran Tatap Muka |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KOMPNEN INTI |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A. TUJUAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v Melalui
Kegiatan mengamati video dan gambar peserta didik mampu memahami dan
menjelaskan kalimat persuasive. v Melalui kegiatan kreativitas membuat poster, peserta didik mampu menulis kalimat persuasive dengan benar. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
B.
PEMAHAMAN
BERMAKNA |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v Melalui kegiatan kreativitas membuat poster, peserta didik mampu menulis kalimat persuasive dengan benar. v Peserta didik dapat berpartisipasi aktif dalam
diskusi. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
C.
PERTANYAAN
PEMANTIK |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
v
Apakah kalian pernah melihat poster? v Berisi tentang apakah poster yang kalian lihat?
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1) Kegiatan
Pembuka Ø Guru memberika salam dan mengajak semua
peserta didik berdo’a di pimpin oleh salah satu siswa ( Religius) Ø Guru mengecek kesiapan diri melalui
kegiatan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian peserta
didik Ø Guru mengajak peserta didik melakukan
ice breaking agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan penuh semangat. Ø Guru menggunakan pertanyaan pemantik
untuk mengaitkan pembelajaran sebelumnya denga pembelajaran yang akan
dilaksanakan Ø Apersepsi dengan memperlihatkan gambar
kepada siswa dan mengajukan pertanyaan ·
Apa yang terlihat pada gambar/video tersebut? ·
Berisi tentang apakah gambar/video tersebut? Ø
Guru
menyampaikan Tujuan pembelajaran Ø
Menyampaikan
Langkah-langkah Kegiatan proses
Pembelajaran
2) Kegiatan Inti Diferensiasi
Konten Ø Guru menayangkan Vidio tentang poster
dan kalimat persuasive. https://youtu.be/4LUNliStwyA?feature=shared
(sample) Ø Guru mengajak siswa curah pendapat: · Apa yang dapat kalian simpulkan dari
pengamatan pada video/gambar tersebut? Diferensisisi Proses Ø Guru memberikan penjelasan tentang
kalimat persuasive. Ø Peserta didik dibagi beberapa kelompok
sesuai dengan profil belajar siswa. Ø Peserta didik dalam kelompok berdiskusi
untuk menentukan tema dalam pembuatan poster kalimat persuasive yang sesuai
dengan minat dan kreativitas kelompoknya masing-masing. Ø Guru berkeliling untuk memastikan
setiap siswa ikut aktif berpartisipasi Diferensiasi Produk Ø guru meminta perwakilan kelompok untuk
mempresentasikankan hasilnya dan memberi kesempatan kepada
kelompok lain untuk memberika masukan Produk dinilai menggunakan
daftar periksa 3) Kegiatan Penutup Ø Guru mengapresiasi dan
memberikan klarifikasi terhadap seluruh tugas yang sudah dikerjakan oleh
peserta didik. Ø Guru Memberikan evaluasi ( lembar Formatif) untuk
mengetahui tingkat pemahaman siswa Ø Guru bersama peserta didik
melalukan refleksi pembelajaran mengenai materi pembelajaran pada pertemuan
ini. Ø Guru memberikan informasi
mengenai kegiatan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya. Ø Guru menutup pelajaran dan
secara bergantian memberikan kesempatan kepada peserta didik lain untuk
memimpin berdoa bersama setelah selesai pembelajaran. |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
F. ASESMEN / PENILAIAN |
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
a. Penilaian Sikap Penilaian sikap dapat dilakukan di sepanjang
proses pembelajaran. Teknik penilaian yang paling mudah adalah dengan teknik
pengamatan atau observasi. Pada kegiatan belajar 1, aspek sikap yang
diobservasi adalah sikap religius, komunikatif, tanggung jawab, dan
demokratis. Pemilihan aspek sikap ini dengan mempertimbangkan kesesuaian
dengan capaian dan materi pembelajaran.
Adapun format observasi penilaian sikap dapat
menggunakan contoh format berikut ini: ( Format Terlampir )
b. Asesmen Formatif 1.
Apa yang dimaksud teks persuasif? A.
Teks yang
menggambarkan suatu objek secara jelas dan terperinci. B.
Teks yang
menjelaskan suatu peristiwa secara runtut. C.
Teks yang
menceritakan suatu kejadian secara kronologis. D.
Teks yang berisi
ajakan atau bujukan untuk memengaruhi seseorang.
2. Menurut para ahli kesehatan, hal umum yang menyebabkan orang
mengalami gangguan pencernaan, antara lain pola makan tidak teratur dan
sering terlambat makan. Mereka pun kurang mengonsumsi sayur dan buah. Mereka
juga kurang memperhatikan gizi makanan. Satu di antara upaya menjaga saluran
pencernaan agar tetap sehat adalah makanlah dengan pola makan sehat dan
seimbang. Kalimat pertama paragraf di
atas menggunakan kaidah kebahasaan berupa ... A. Kata perujukan. B. Kata keterangan kausalitas. C.
Kalimat ajakan. D. Kata kerja mental. 3. Bagian teks persuasif yang berisi penutup atau simpulan
disebut ... A. Pernyataan ajakan B. Pengenalan isu. C.
Penegasan kembali. D. Rangkaian argumen. 4. Bagian teks persuasif yang berisi topik atau masalah yang akan
dibahas adalah ... A. Rangkaian argumen. B. Pengenalan isu.Pernyataan ajakan. C.
Penegasan kembali. 5.
Bagian teks persuasif yang
berisi pendapat yang disertai fakta-fakta dinamakan ... A. Pernyataan ajakan. B. Penegasan kembali. C.
Rangkaian argumen. D. Pengenalan isu. Pedoman Pengamatan Sikap Kelas : IV (EMPAT) A Hari, Tanggal : .............................. Pertemuan Ke- : .............................. Materi Pembelajaran
: ..............................
Aspek dan Rubrik Penilaian
|
G. KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL |
Guru dapat menyampaikan materi pengayaan untuk dipelajari
oleh peserta didik secara mandiri atau berkelompok.
Mengetahui Tegal Besar, Oktober 2023 Kepala SDN Tegal Besar Guru Kelas IV A
I Ketut Lepen S.Pd.SD Ery Ardi Prasetyo, S.Pd. NIP.196405061988041001 NIP.199108202022211009
|
LAMPIRAN |
||||||
A. LEMBAR KERJA
PESERTA DIDIK |
||||||
LKPD
untuk tahap menguasai Kelompok : ............................................................................. Kelas :
............................................................................. Nama Anggota 1.
............................................................................. Kelompok
2.
............................................................................. 3.
............................................................................. 4. ............................................................................. 5.
.............................................................................
|
B. BAHAN
BACAAN GURU & PESERTA DIDIK |
|||||||||
|
|||||||||
C. GLOSARIUM |
|||||||||
|
|||||||||
D. DAFTAR PUSTAKA |
|||||||||
Boboid. 2018. “Kalimat Persuasif”. https://bobo.grid.id/read/083891646/20-contoh-kalimat-persuasif-materi-kelas-4-sd-kurikulum-merdeka?page=all/.
(Diakses pada tanggal 30 Oktober 2023) Mikirbae. 2018. “Menulis Kalimat Persuasid dalam Bentuk Poster”. https://www.mikirbae.com/2022/06/menulis-kalimat-persuasif-dalam-bentuk.html. (Diakses pada tanggal 30 Oktober 2023) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan
Teknologi Republik Indonesia, 2021, Bahasa Indonesia: Lihat Sekitar, SD Kelas
IV, Penulis: Eva Y. Nukman, Cicilia Erni Setyowati |
Comments
Post a Comment