MODUL AJAR PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KELAS IV SD KURIKULUM MERDEKA

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA

Sekolah Dasar

 

Nama penyusun                    :     ERY ARDI PRASETYO, S.Pd., Gr.

Nama Sekolah                      :     SD NEGERI TEGAL BESAR

Mata Pelajaran                 :     Bahasa Indonesia

Fase B, Kelas / Semester         :     IV (Empat)  / I (Ganjil )

 


PEMETAAN BELAJAR BERDASARKAN KESIAPAN BELAJAR DAN PROFIL BELAJAR SISWA

Tujuan Pembelajaran:

1.      Melalui kegiatan mengamati video pembelajaran dan gambar poster yang memuat kalimat persuasive, siswa mampu memahami dan menjelaskan kalimat persuasive.

2.      Melalui kegiatan kreativitas membuat poster, peserta didik mampu menulis kalimat persuasive dengan benar.

PROFIL BELAJAR

VISUAL

AUDITORI

KINESTETIK

Nama Siswa

Rima, Tasya, Rohman, Aprilia, Wiyasa, Andika, Wahid, Farid, Lestari, Aris

Aqila, Utami, Icha, Maura, Pt Devina. Ferliana

Bagas, Hadi, Sandra, Noven

Diferensiasi Konten

Peserta didik bisa mengkomunikasikan tentang ciri-ciri kalimat persuasive yang mereka lihat.

Peserta didik bisa mengkomunikasikan tentang ciri-ciri kalimat persuasive yang mereka dengar.

Peserta didik bisa mengkomunikasikan tentang ciri-ciri kalimat persuasive yang mereka ketahui.

Diferensiasi Proses

Peserta didik dalam kelompok berdiskusi untuk menentukan tema dalam pembuatan poster kalimat persuasive yang sesuai dengan minat dan kreativitas kelompoknya masing-masing.

 

Peserta didik dalam kelompok berdiskusi untuk menentukan tema dalam pembuatan poster kalimat persuasive yang sesuai dengan minat dan kreativitas kelompoknya masing-masing.

 

Peserta didik dalam kelompok berdiskusi untuk menentukan tema dalam pembuatan poster kalimat persuasive yang sesuai dengan minat dan kreativitas kelompoknya masing-masing.

 

Diferensiasi Produk

Membuat Poster yang memuat kalimat persuasive dan mempresentasikan di depan kelas, kelompok lain menyimak serta memberikan tanggapan.

Membuat Poster yang memuat kalimat persuasive dan mempresentasikan di depan kelas, kelompok lain menyimak serta memberikan tanggapan.

Membuat Poster yang memuat kalimat persuasive dan mempresentasikan di depan kelas, kelompok lain menyimak serta memberikan tanggapan.


MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA

IPAS SD KELAS 4

 


INFORMASI UMUM

A.  IDENTITAS MODUL

Penyusun

Instansi

Tahun Penyusunan

Jenjang Sekolah

Mata Pelajaran

Fase / Kelas

Bab / Tema

Materi Pembelajaran

Alokasi Waktu

:

:

:

:

:

:

:

:

:

Ery Ardi Prasetyo, S.Pd.

SD Negeri Tegal Besar

Tahun 2023

SD

Bahasa Indonesia

B / 4

4  Meliuk dan Menerjang / Bergerak

Kalimat Persuasif

2 X 35 Menit (1 Pertemuan)

B.  KOMPETENSI AWAL

v  Melalui kegiatan kreativitas membuat poster, peserta didik mampu menulis kalimat persuasive dengan benar.

v  Peserta didik dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi;

C.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

v  Beriman ,bertakwa kepada Tuhan YME Dan berahlak mulia, , Mandiri

D.  SARANA DAN PRASARANA

v  Buku Siswa : Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Bahasa Indonesia: Lihat Sekitar, SD Kelas IV, Penulis: Eva Y. Nukman, Cicilia Erni Setyowati

E.  TARGET PESERTA DIDIK

v  Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

v  Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin

F.   JUMLAH PESERTA DIDIK

v  20 Siswa (9 Laki-laki dan 11 Perempuan)

G.  MODEL PEMBELAJARAN

v  Pembelajaran Tatap Muka

KOMPNEN INTI

A.  TUJUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

v Melalui Kegiatan mengamati video dan gambar peserta didik mampu memahami dan menjelaskan kalimat persuasive.

v  Melalui kegiatan kreativitas membuat poster, peserta didik mampu menulis kalimat persuasive dengan benar.

B.  PEMAHAMAN BERMAKNA

v  Melalui kegiatan kreativitas membuat poster, peserta didik mampu menulis kalimat persuasive dengan benar.

v  Peserta didik dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi.

C.  PERTANYAAN PEMANTIK

v  Apakah kalian pernah melihat poster?

v  Berisi tentang apakah poster yang kalian lihat?

 

D.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

1)  Kegiatan Pembuka

Ø  Guru memberika salam dan mengajak semua peserta didik berdo’a di pimpin oleh salah satu siswa ( Religius)

Ø  Guru mengecek kesiapan diri melalui kegiatan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapian pakaian peserta didik

Ø  Guru mengajak peserta didik melakukan ice breaking agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan penuh semangat.

Ø  Guru menggunakan pertanyaan pemantik untuk mengaitkan pembelajaran sebelumnya denga pembelajaran yang akan dilaksanakan

Ø  Apersepsi dengan memperlihatkan gambar kepada siswa dan mengajukan pertanyaan

·         Apa yang terlihat pada  gambar/video tersebut?

·         Berisi tentang apakah gambar/video tersebut?

Ø  Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran

Ø  Menyampaikan Langkah-langkah  Kegiatan proses Pembelajaran

 

2) Kegiatan Inti

Diferensiasi Konten

Ø  Guru menayangkan Vidio tentang poster dan kalimat persuasive. https://youtu.be/4LUNliStwyA?feature=shared (sample)

Ø  Guru mengajak siswa curah pendapat:

· Apa yang dapat kalian simpulkan dari pengamatan pada video/gambar tersebut?

Diferensisisi Proses

Ø  Guru memberikan penjelasan tentang kalimat persuasive.

Ø  Peserta didik dibagi beberapa kelompok sesuai dengan profil belajar siswa.

Ø  Peserta didik dalam kelompok berdiskusi untuk menentukan tema dalam pembuatan poster kalimat persuasive yang sesuai dengan minat dan kreativitas kelompoknya masing-masing.

Ø  Guru berkeliling untuk memastikan setiap siswa ikut aktif berpartisipasi

Diferensiasi Produk

Ø  guru meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikankan hasilnya dan

       memberi kesempatan kepada kelompok  lain untuk memberika masukan

                Produk dinilai menggunakan daftar periksa

3) Kegiatan Penutup

Ø  Guru mengapresiasi dan memberikan klarifikasi terhadap seluruh tugas yang sudah dikerjakan oleh peserta didik.

Ø  Guru Memberikan evaluasi ( lembar Formatif) untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa

Ø  Guru bersama peserta didik melalukan refleksi pembelajaran mengenai materi pembelajaran pada pertemuan ini.

Ø  Guru memberikan informasi mengenai kegiatan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.

Ø  Guru menutup pelajaran dan secara bergantian memberikan kesempatan kepada peserta didik lain untuk memimpin berdoa bersama setelah selesai pembelajaran.

F.  ASESMEN / PENILAIAN



a.  Penilaian Sikap

Penilaian sikap dapat dilakukan di sepanjang proses pembelajaran. Teknik penilaian yang paling mudah adalah dengan teknik pengamatan atau observasi. Pada kegiatan belajar 1, aspek sikap yang diobservasi adalah sikap religius, komunikatif, tanggung jawab, dan demokratis. Pemilihan aspek sikap ini dengan mempertimbangkan kesesuaian dengan capaian dan materi pembelajaran.

 

Adapun format observasi penilaian sikap dapat menggunakan contoh format berikut ini: ( Format Terlampir )

 

b. Asesmen Formatif

1.    Apa yang dimaksud teks persuasif?

A.    Teks yang menggambarkan suatu objek secara jelas dan terperinci.

B.    Teks yang menjelaskan suatu peristiwa secara runtut.

C.     Teks yang menceritakan suatu kejadian secara kronologis.

D.    Teks yang berisi ajakan atau bujukan untuk memengaruhi seseorang.

 

2.   Menurut para ahli kesehatan, hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan, antara lain pola makan tidak teratur dan sering terlambat makan. Mereka pun kurang mengonsumsi sayur dan buah. Mereka juga kurang memperhatikan gizi makanan. Satu di antara upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat adalah makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang.

Kalimat pertama paragraf di atas menggunakan kaidah kebahasaan berupa ...

A.    Kata perujukan.

B.    Kata keterangan kausalitas.

C.     Kalimat ajakan.

D.    Kata kerja mental.

3.   Bagian teks persuasif yang berisi penutup atau simpulan disebut ...

A.    Pernyataan ajakan

B.     Pengenalan isu.

C.     Penegasan kembali.

D.    Rangkaian argumen.

4. Bagian teks persuasif yang berisi topik atau masalah yang akan dibahas adalah ...

A.    Rangkaian argumen.

B.    Pengenalan isu.Pernyataan ajakan.

C.     Penegasan kembali.

5.     Bagian teks persuasif yang berisi pendapat yang disertai fakta-fakta dinamakan ...

A.    Pernyataan ajakan.

B.    Penegasan kembali.

C.     Rangkaian argumen.

D.    Pengenalan isu.

Pedoman Pengamatan Sikap

Kelas                            : IV (EMPAT) A

Hari, Tanggal              : ..............................

Pertemuan Ke-            : ..............................

Materi Pembelajaran  : ..............................

No

Nama Peserta

Didik

Aspek Penilaian

Religius

Komunikatif

Tanggung

Jawab

Demokratis

1.

AQILA DINA RAFIANA

 

 

 

 

2.

ARIS SAPUTRA

 

 

 

 

3.

BAGAS PRASETIYO

 

 

 

 

4.

ANDIKA DEVA OKTO

 

 

 

 

5.

FARID DIMA SAPUTRA

 

 

 

 

6.

FIKRI NOVEN NUGROHO

 

 

 

 

7.

GUSTI AYU KADEK FERLIANA

 

 

 

 

8.

GUSTI AYU KETUT LESTARI

 

 

 

 

9.

GUSTI AYU PUTU DEVINA

 

 

 

 

10.

HADI PURNOMO

 

 

 

 

11

ICHA MELANI

 

 

 

 

12

KADEK AYU APRILIA ANANDA

 

 

 

 

13.

MAURA AZMI AFIFAH

 

 

 

 

14

MUHAMAD NUROHMAN

 

 

 

 

15

PUTU SATYA WIYASA

 

 

 

 

16

RIMA SEPTIYAWATI

 

 

 

 

17

SANDRA CANTIKA HERAWATI

 

 

 

 

18

TASYA ALUNA ZULFA

 

 

 

 

19

UTAMI DEWI

 

 

 

 

20

WAHID ALI WAFA

 

 

 

 

21

 

 

 

 

 

22

 

 

 

 

 

 

 

 

Aspek dan Rubrik Penilaian

No

Aspek Penilaian

Nilai

Perolehan

Nilai

1.

Kejelasan dan kedalaman informasi

 

 

a. Informasi disampaikan secara jelas, lengkap, dan relevan dengan topik/tema yang didiskusikan

30

 

b. Informasi disampaikan secara jelas, lengkap, tetapi kurang relevan dengan topik/tema yang didiskusikan.

20

 

c. Informasi disampaikan secara jelas, tetapi kurang lengkap.

10

 

2.

Keaktifan dalam berdiskusi

 

 

a. Sangat aktif dalam diskusi.

30

 

b. Cukup aktif dalam diskusi.

20

 

c. Kurang aktif dalam diskusi.

20

 

3.

Kejelasan dan kerapian dalam presentasi

 

 

a. Presentasi sangat jelas dan rapi.

40

 

b. Presentasi cukup jelas dan rapi.

30

 

c. Presentasi dengan jelas tetapi kurang rapi.

20

 

d. Presentasi dengan kurang jelas dan kurang rapi.

10

 

G.  KEGIATAN PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Guru dapat menyampaikan materi pengayaan untuk dipelajari oleh peserta didik secara mandiri atau berkelompok.

 

 

 

Mengetahui                                                                                    Tegal Besar,     Oktober 2023

Kepala SDN Tegal Besar                                                               Guru Kelas IV A

 

 

I Ketut Lepen S.Pd.SD                                                                 Ery Ardi Prasetyo, S.Pd.

NIP.196405061988041001                                                             NIP.199108202022211009

 

 

 

 

 

 

 

 


LAMPIRAN                       

A.  LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

 

LKPD untuk tahap menguasai


Kelompok          : .............................................................................

Kelas                  : .............................................................................

Nama Anggota 1. .............................................................................

Kelompok         2. .............................................................................

 3. .............................................................................

 4. .............................................................................

 5. .............................................................................

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai

 

Paraf Orang Tua

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.  BAHAN BACAAN GURU & PESERTA DIDIK




 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


C.   GLOSARIUM

 

 

 

D.   DAFTAR PUSTAKA

Boboid. 2018. “Kalimat Persuasif”. https://bobo.grid.id/read/083891646/20-contoh-kalimat-persuasif-materi-kelas-4-sd-kurikulum-merdeka?page=all/. (Diakses pada tanggal 30 Oktober 2023)

Mikirbae. 2018. “Menulis Kalimat Persuasid dalam Bentuk Poster”. https://www.mikirbae.com/2022/06/menulis-kalimat-persuasif-dalam-bentuk.html. (Diakses pada tanggal 30 Oktober 2023)

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Bahasa Indonesia: Lihat Sekitar, SD Kelas IV, Penulis: Eva Y. Nukman, Cicilia Erni Setyowati


Comments

Popular posts from this blog

Arti Lambang, Simbol, dan Bendera Hizbul Wathan

Lirik Lagu Mars Wathoni

PERATURAN BARIS BEBARIS (PBB)